Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beralih ke Coworking Space EV Hive, Strategi untuk Akselerasi Bisnis di Era Teknologi Digital



Beralih ke Coworking Space EV Hive, Strategi 
untuk Akselerasi Bisnis di Era Teknologi Digital 

 

EV Hive sebagai Coworking Space menggabungkan berbagai 
ide partner untuk akselerasi bisnis (Sumber: evhive.co.id)



Pernahkan anda bosan kerja di kantor anda? Bertemu dengan rekan kerja yang sama setiap harinya. Bahkan, kebosanan tersebut bisa membuat kinerja anda menurun drastis. Akibatnya, report kerja anda di akhir tahun mendapatkan sorotan dari atasan. Bukan itu saja, menurunnya kinerja karyawan juga memberikan pengaruh terhadap hubungan antar karyawan karena setiap karyawan biasanya memberikan pandangan mata sinis kepada karyawan lainnya yang dianggap menghambat pencapaian target perusahaan. Kalau kondisi seperti ini dipertahankan secara terus menerus maka kebangkrutan perusahaan bukanlah hal yang mustahil terjadi. Dan, saya sudah menyaksikan kondisi seperti ini di beberapa perusahaan.
Apalagi, menghadapi era digital yang menyatakan bahwa komunikasi antar negara menjadi tanpa batas (borderless) dan semua informasi bisa diakses dalam sentuhan jari (touchscreen).        Oleh sebab itu, menajamkan akselerasi bisnis sejalan dengan kemajuan digital merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan oleh perusahaan.   Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan bisnis adalah tempat kerja (kantor).
Sekarang ini, tempat kerja yang nyaman dan dilengkapi dengan perangkat teknologi digital sangat berpengaruh terhadap produktivitas sebuah perusahaan. Bukan hanya aspek relationship, tetapi sarana yang memberikan bantuan kerja karyawan merupakan hal penting. Ketika  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin diperlukan dalam komunikasi lintas negara, maka perusahaan pun memanfaatkan momentum tersebut untuk mendongkrak kinerja perusahaan.
Dunia digital menjadi ruang  yang tepat untuk meningkatkan branding perusahaan. Bukan hanya berupa  wajah laman atau website dengan isi dan fitur yang menarik tetapi sosial media (sosmed) kini telah menjadi senjata dan strategi ampuh untuk mendulang kepopuleran perusahaan. Bahkan, segala program perusahaan bisa diupdate pengguna gadget melalui sosial media. Oleh sebab itu, bagian Information and Technology (IT) perusahaan sangat berperan dalam meningkatkan akselerasi bisnis di era digital.
Namun, kenyataannya masih banyak perusahaan yang belum menangkap momen penting untuk mengambil langkah cerdas memanfaatkan ranah digital demi meningkatkan bisnisnya. Merespon kondisi tersebut maka kini muncul wadah para pelaku bisnis yang bertujuan untuk membantu akselerasi bisnisnya. Oleh sebab itu, “ngantor” atau bekerja di tempat yang baru bisa merupakan pengalaman seru dan tambahan ilmu untuk mengembangkan perusahaan.
Salah satu cara yang ditempuh adalah menyelesaikan pekerjaan kantor di tempat yang bisa berbaur dengan pelaku bisnis  lainnya dalam satu tempat yang nyaman dan dukungan teknologi digital. Coworking Space (tempat kerja bersama) merupakan tempat kerja yang menjadi terobosan untuk membantu akselerasi bisnis setiap perusahaan di era digital. Dan, EV Hive adalah salah satu wadah unik yang memberikan solusi untuk membantu setiap perusahaan untuk bergabung dalam mengembangkan bisnisnya.

Komunitas Bisnis
EV Hive tempat kerja bersama yang ada di Indonesia sebagai ajang saling berbagi pengetahuan dan komunitas.  Sebagai informasi bahwa EV Hive merupakan wadah bagi perusahaan untuk membangun nilai-nilai yang tinggi. Oleh sebab itu, di EV Hive setiap perusahaan bisa mengembangkan bisnisnya dengan melakukan kolaborasi dan terobosan inovasi berbagai variasi bisnis. Hal terpenting adalah karyawan atau pemilik bisnis bisa belajar dari para pelaku bisnis yang berasal dari jenis bisnis yang berbeda-beda.
Perlu diketahui bahwa EV Hive menjadi etalase komunitas yang menggabungkan berbagai jenis perusahaan dengan dukungan dari berbagai pelaku bisnis untuk mendapatkan kesuksesan bersama-sama. Oleh sebab itu, EV Hive berusaha menjalankan visi untuk membangun sebuah ekosistem dalam berbagai pengetahuan StartUp bisnis. Jadi, EV Hive memberikan dukungan besar kepada anggota (partner) bisnisnya. 
Di EV Hive, untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya, setiap anggota  bisnis bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti diskusi panel, workshop dan sesi pelatihan one-on-one pada malam hari secara gratis. EV  Hive juga bertindak sebagai pendongkrak kesuksessan perusahaan karena komunitas pemimpin perusahaan yang ada di dalamnya dengan sabar dan telaten berusaha menemukan potensial perusahaan anggota yang bergabung di dalamnya.  
Mengapa harus “ngantor “ di Coworking EV Hive? Ada beberapa hal menarik yang bisa diperoleh perusahaan degan bergabung di EV Hive adalah:
1.      Tempat kerja yang menarik dan nyaman.
2.      Kecepatan internet yang tinggi.
3.      Alamat surat elektronik (E-mail)
4.      Tersedianya minuman kopi secara gratis
5.      Tempat yang tepat sebagai penyimpan barang (storage)
6.      Event yang diadakan setiap minggu.
Kelebihan EV Hive terletak bukan hanya infrastruktur bangunan yang dibangun senyaman mungkin, tetapi  EV Hive telah mengintegrasikan teknologi terkini untuk membantu akselerasi bisnis anggota di era digital. Bukan itu saja, semua piranti furniture yang ada di dalamnya juga dirancang sesuai dengan aturan kesehatan dan kondisi tubuh manusia (ergonomic furniture). Menarik lagi bahwa Ev Hive dibangun sebagai tempat yang kreatif dan inovatif karena mengabungkan berbagai kemajuan teknologi dalam sistem dan penawaran, perbaikan secara efisien, produktifitas dan penyampaian nilai ke semua stakeholder yang bersangkutan. Inilah yang menyebabkan perusahaan yang bergabung di dalam EV Hive mampu meningkatkan koneksi dengan berbagai stakeholder yang bersangkutan. Dengan kata lain, EV Hive memberikan kemudahan melakukan hubungan perusahaan degan pihak lain (Corporate Connection with others).
EV Hive bukan hanya tempat berkumpulnya para pelaku bisnis tetapi telah berubah sebagai sebuah komunitas yang terdiri dari berbagai variasi bisnis yang saling bertukar informasi untuk mencapai kemajuan bersama-sama. Cara memberdayakan anggota agar terjadi akselerasi bisnis adalah  saling berbagi tentang teknologi, pengetahuan dan ide-ide kreatif yang bisa diaplikasikan dalam berbagai event dan sesi pertemuan sebagai daya ungkit untuk berkembang menjadi bisnis yang sukses bukan hanya di tingkat lokal tetapi mampu menjadi bisnis  tingkat internasional.  
Keuntungan yang bisa diperoleh anggota dengan bergabung di Ev Hive adalah : 1) Jaringan; 2) Mengenal orang yang sharing berbagai hobi atau kegemaran dengan anda; 3) Pengetahuan; dan 4) Mendapatkan wawasan yang tidak bisa ditemukan di manapun. Selanjutnya, untuk meningkatkan kemampuan bisnis para anggotanya, EV Hive juga menyelenggarakan berbagai kelas bisnis untuk mendongkrak pengetahuan anggota demi akselerasi bisnis di masa depan.  Kelas-kelas yang diadakan di EV Hive di antaranya:
1.      Kelas Pajak Secara Umum (General Tax Class)
2.      Kelas Pajak untuk StartUps (Tax Class for StartUps)
3.      Kelas Training Aplikasi OnlinePajak
4.     Facebook Ads Masterclass
5.     Create Note Taking App. with Node. JS
6.     Google Ads Masterclass
7.     Web Analytics Masterclass
8.     Intermediate Node.JS
9.     Front - End Development with React
10. Android App Development for Beginners
11. Beginner Unity Development
12. Intermediate Unity Development
13. Beginner IoT Development
14. Intermediate IoT Development
15. EVOLVE Machine Learners
16. Beginner Node. JS

Untuk bergabung di EV Hive, setiap anggota bisa memilih jenis keangotaan yang diminatinya. Oleh sebab itu, jenis keanggotaan partner bisnis yang ada di EV Hive sangat fleksibel tergantung dengan keinginan anggota, adalah:
1.     Free Member


Free member (Sumber: evhive.co.id)

2.     Flexi Desk


Flexi Desk (Sumber: evhive.co.id)

3.     Dedicated Desk


Dedicated Desk (Sumber: evhive.co.id)

4.     Private Office

Private Office (Sumber: evhive.co.id)


Dimanakah Ev Hive? 


Coworking Space di Jakarta dan BSD (Sumber: Info EV Hive)


Saat ini, EV Hive masih berlokasi di Jakarta dan Tangerang. Di Jakarta sendiri, EV Hive berlokasi di JSC yang beralamat di Jl. Prof Dr Satrio No. 7, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Kita tahu bahwa di kawasan ini merupakan perpaduan antara area perumahan, restoran, dan hotel seperti  Marriott and Ritz-Calton Mega Kuningan. Di kawasan ini juga merupakan tempat untuk gaya hidup seperti Oakwood and Lotte Shopping Avenue. Perlu diketahui bahwa JSC EV Hive yang bekerja sama dengan Jakarta Smart City (JSC) secara resmi mendapat dukungan dari Pemerintah DKI Jakarta untuk mendorong ekositem teknologi startup di Jakarta dan merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Bahkan, peresmiannya langsung dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. 


Peresmian Coworking Space JSC Hive oleh Gubernur 
DKI Jakarta (Sumber: Sudin Kominfotik Jaksel)


Lagi, dengan desain yang cantik dan nyaman, JSC EH Hive mampu mengakomodasi berbagai event untuk peserta hingga 120 paket.


JSC Ev Hive (Sumber: evhive.co.id)

JSC juga menawarkan biaya yang terjangkau untuk keanggotaan dari perusahaan secara fleksibel, yaitu: 

Desk Price
Per orang

Flexi Desk
IDR 1.000.000,00

Daily Pass
IDR      50.000,00    

Dedicated Desk
IDR 2.000.000,00

Private Office

Mulai dari    
IDR 12.000.000,00
           
Sedangkan, fasiltas-faslitas kantor yang bisa diperoleh anggota JSC EV Hive adalah:
1.      Tempat kerja, termasuk satu kartu harian per bulan untuk akses M-F, dari pukul 9 pagi – 6 sore.
2.      Pesan ruangan secara bulanan dan bisa pesan ruangan dengan ukuran yang berbeda.
3.      Printing, 60 Hitam/putih and 20 warna
4.      Event, akses menjadi anggota untuk event, dan diskon untuk event yang dipilih.

EV Hive juga ada di D.LAB yang berlokasi di Jalan Riau No.1, Menteng, RT.9/RW.5, Gondangdia. Tempat Coworking Space ini sangat strategis karena untuk mengaksesnya hanya beberapa menit dari terminal bus Transjakarta dan dikelilingi oleh pusat perbelanjaan seperti Grand Indonesia dan Plaza Indonesia, hotel mewah seperti Grand Hyatt, Mandarin Oriental dan Kempinsky. D. Lab EV Hive tersebut juga dekat dengan restoran dan tempat gaya hidup (Menteng, Cikini, & Gondangdia). D. Lab EV Hive didesain sebagai tempat yang nyaman berbagai event yang mampu mengakomodasi peserta hingga 150 paket.

Desk Price
Per orang

Flexi Desk
IDR 1.000.000,00

Dedicated Desk
IDR 2.000.000,00

Private Office

Mulai dari    
IDR 8.000.000,00

Dan, fasilitas-fasilitas kantor yang bisa diperoleh di D. Lab EV Hive sama dengan yang ada di JSC EV Hive.


D. Lab Ev Hive (Sumber: evhive.co.id)

Selanjutnya, The Maja merupakan Coworking Space EV Hive yang berlokasi di jalan Kyai Mojo No. 39 Kebayoran Baru Jakarta. Coworking Space ini juga berada di kawasan yang strategis karena posisi gedung hanya beberapa menit dengan Gandaria City shopping mall dan jalan Jendral Sudirman.  EV Hive  ini dikenal sebagai pusat tech and biz-talk events di Jakarta.


The Maja EV Hive (Sumber: evhive.co.id)


Biaya dan Jenis keanggotaan yang ditawarkan The Maja EV Hive hampir  sama dengan yang ada di D.Lab EV Hive. Perbedaannya terletak pada jenis keangotaan Daily Pass. Di The Maja EV Hive tidak menawarkan jenis keanggotaan tersebut. Adapun, harga keanggotaannya adalah sebagai berikut:


Desk Price
Per Orang

Flexi Desk
IDR 1.000.000,00

Dedicated Desk
IDR 2.500.000,00

Private Office

Mulai dari    
IDR 15.000.000,00


Sebagai informasi, fasiltas-faslitas kantor yang bisa diperoleh di The Maja EV Hive sama dengan yang ada di JSC dan D.Lab EV Hive.

Seperti diulas di atas bahwa EV Hive bukan hanya di Jakarta tetapi sudah ada di Tangerang.  Coworking Space EV Hive yang berada di Tangerang adalah The Breeze yang berlokasi di Jalan Grand Boulevard, BSD Green Office Park, Tangerang. Karena berbatasan dengan kawasan perumahan membuat The Breeze EV Hive sangat dekat dengan berbagai restoran, supermarket dan Gold’s Gym. Mengapa? Sama dengan EV Hive lainnya, The Breeze EV Hive juga berada di kawasan strategis, yaitu Green Office Park, BSD City Tangerang  Selatan yang dibangun oleh pengembang Sinar Mas Land. Daerah ini merupakan kawasan yang nyaman karena dikelilingi oleh pemandangan hijau yang indah sekali dan danau yang bisa dinikmati tanpa halangan. Menarik sekali karena The Breeze memperkenalkan gaya hidup yang ramah lingkungan dengan adanya  sistem pencahayaan ruangan yang alami sepanjang hari.
Biaya dan jenis keanggotaan di The Breeze sama dengan yang ditawarkan oleh D.LAB EV Hive, yaitu: 

Desk Price
Per Orang

Flexi Desk
IDR 1.000.000,00

Dedicated Desk
IDR 2.000.000,00

Private Office

Mulai dari    
IDR 8.000.000,00

Sedangkan, fasiltas-faslitas kantor yang bisa diperoleh di The Breeze EV Hive sama dengan yang ada di JSC, D.Lab. dan The Maja EV Hive.


The Breeze (Sumber: enhive.co.id)


Kontribusi Coworking Space EV Hive membantu meningkatkan akselerasi bisnis perusahaan bukan hanya untuk perusahaan yang menjadi anggotanya tetapi lebih mendalam ke kawasan kampus. Untuk memperkenalkan lebih jauh tentang manfaat EV Hive tersebut diaplikasikan dalam The Student Ambassador Program. The Student Ambassador Program (Program Duta Mahasiswa)  merupakan program EV Hive untuk menularkan naluri bisnis di kalangan kampus. EV Hive berusaha untuk menunjukan kepada mahasiswa tentang situasi kerja secara nyata.
Lanjut, Duta Mahasiswa yang dipilih tersebut nantinya akan mendapatkan pelatihan secara konsisten dari tim EV Hive. Oleh sebab itu, Duta Mahasiswa diharapkan bisa mengembangkan skill kepemimpinan dan teknik yang pernah diperolehnya di kampus. Adapun, tugas dan tanggung jawab yang bisa dilakukan oleh Duta Mahasiswa adalah:
1.      Menjadi Duta dari EV Hive selama 6 bulan.
2.      Mempromosikan terobosan EV Hive di sosial media.
3.      Membantu startup bisnis dengan belajar dari masalah-masalah yang dihadapi dan menghubungkan dengan partner EV Hive.
4.      Berkreasi, membangun, eksekusi proyek untuk mempromosikan EV Hive di Universitas dan tempat lainnya.
5.      Menggunakan anak-anak mahasiswa lainnya dalam berbagai cara  yang kreatif, inspirasi, dan motivasi mereka untuk menjadi bagian dari duta mahasiswa Ev Hive. 
6.      Mewakili EV Hive dalam komunitas kampus dengan mempromosikan berbagai event, kelas dan workshops.
7.      Menjadi bagian dari Komisi Kemah musim dingin yang tidak terlupakan.


Kehadiran Coworking EV Hive benar-benar membantu perusahaan untuk melakukan akselerasi bisnis. Berkumpul dalam sebuah komunitas EV Hive yang bisa bertukar ide dari berbagai variasi bisnis mampu meningkatkan skill perusahaan. Hasilnya, banyak stakeholder yang mengetahui tentang kondisi perusahaan yang menjadi anggota di EV Hive. Selanjutnya, ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari Coworking EV Hive  bisa menjadi amunisi untuk mempraktekkan dalam situasi nyata. Namun, hal  terpenting adalah terjadinya akselerasi bisnis perusahaan di era digital karena dukungan teknologi yang ada di EV Hive. Bagi anda atau bagian perusahaan yang ingin mengetahui sekilas kontribusi EV Hive dan perusahaan yang telah bergabung di dalamnya bisa melihat tayangan video berikut ini:


EH Hive, sebuah etalase komunitas bisnis yang 
mengembangkan perusahaan untuk melakukan 
akselerasi bisnis di era digital (Sumber: Info EV Hive) 

Jadi, beralih ke Coworking Space EV Hive merupakan keniscayaan yang menjadi terobosan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya karena kemajuan era digital tidak bisa dibendung lagi. 



Post a Comment for "Beralih ke Coworking Space EV Hive, Strategi untuk Akselerasi Bisnis di Era Teknologi Digital "