Monday, June 19, 2017

Makin Produktif Ngeblog Karena ASUS E202 Cukup Canggih dan Mudah Dibawa Kemanapun




Makin Produktif Ngeblog Karena ASUS E202 
Cukup Canggih dan Mudah 
Dibawa ke Manapun











Perkembangan perangkat Teknologi Informasi (TI) semakin gencar. Hal yang patut dipelajari adalah semakin mempermudah pengunanya dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Inovasi selalu bergerak cepat dan setiap produsen berkompetisi untuk menghasilkan perangkat teknologi yang lebih praktis. Gadget jaman dahulu dibuat dengan ukuran besar. Sekarang, perangkat tersebut dibuat semakin slim (tipis) agar lebih praktis dan mudah dibawa ke manapun.
Sama halnya dengan perangkat notebook yang mengalami transformasi. Dengan inovasi yang semakin baik, maka produsen notebook pun berkompetisi untuk mengeluarkan produk yang semakin memanjakan konsumennya dengan hal-hal yang lebih praktis. Salah satu produsen yang gencar melakukan inovasi adalah ASUS. Untuk memberikan daya tarik konsumen, maka produsen tersebut meluncurkan notebook yang menggoda para pengguna bernama ASUS EeeBook E202 atau lebih familiar disebut sebagai ASUS E202. Produk ASUS tersebut berbeda dengan seri laptop ASUS Republic of Gamers (ROG) yang menyasar para gamer, tetapi lebih mementingkan mobilitas dan fungsionalitas untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.
ASUS EeeBook E202 diluncurkan setelah produsen ASUS sukses meluncurkan seri EeeBook X205TA. Banyak hal yang bisa diperoleh dari penggunaan seri tersebut. Hal ini dikarenakan saya sebagai blogger ingin selalu membuat tulisan di manapun. Kadangkala, di saat melakukan aktifitas dengan membawa notebook yang berukuran besar tentu membutuhkan wadah atau tas yang lebih besar juga. Bukan hanya itu, keseriusan dalam membuat tulisan di outdoor membutuhkan waktu berjam-jam demi menghasilkan tulisan yang ciamik. Oleh sebab itu, saya membutuhkan notebook yang mampu men-support agar bisa dipakai di manapun.
Kondisi kehabisan daya baterai notebook saat melakukan kejar setoran atau deadline tulisan tentunya membutuhkan konsentrasi yang luar biasa. Namun, saat lampu listrik mati secara mendadak, maka hasil tulisan yang belum sempat terselesaikan dan tersimpan dalam file sepertinya membuat marah dalam hati. Dan, pekerjaan yang telah dilakukan bagai menegakkan benang basah, sia-sia belaka. Itulah kejadian yang sering saya alami dalam melakukan hobi sebagai blogger.
Namun, dengan hadirnya ASUS EeeBook E202 bisa menjawab rasa galau saya untuk melakukan mobilitas di manapun dan kapanpun. Apalagi, sesuai pernyataan  Country Product Group Leader ASUS Indonesia, Juliana Cen, yang menegaskan bahwa seri EeeBook E202 merupakan laptop dengan konsep minimalis namun dengan performa terbaik dan fitur unggulan. Selain itu desain yang ditampilkan juga sangat cantik dan apik.

Laptop ini didesain dengan wujud yang indah, pendaran warna yang anggun, fungsionalitas yang lengkap dan performa yang memukau” (Juliana Cen)


Desain Minimalis
Melihat desain dari ASUS EeeBook E202 membuat saya kesengsem untuk meningkatkan mobilitas menulis. Notebook yang mempunyai bobot hanya 1,25 Kg dan ukuran yang tidak lebih besar dari kertas A4 sangat mudah dibawa dengan tas kerja apapun. Hal ini dikarenakan notebook dengan dimensi 29.7x19.4x2.14cm terkesan kecil saat dimasukkan ke dalam tas punggung yang sering saya pakai sehari-hari. Desain yang minimalis dan tipis membuat perangkat tersebut semakin mudah ditenteng saja laksana sampul map. 
Kehadiran notebook juga perlu memberikan hiburan yang menarik. Oleh sebab itu, tampilan layar yang jernih mampu memberikan kesenangan saat menikmati fasilitas multimedia atau browsing internet. Kehadiran ASUS EeeBook E202  dengan tampilan layar 11,6 inci dan menggunakan teknologi TFT LCD LED (Light Emiting Diode) backlight dengan resolusi 1366x768 piksel dapat mendukung saya saat menyaksikan konten multimedia dengan kualitas baik.



Desain tipis membuat ASUS EeeBook E202 makin mudah 
ditenteng (Sumber: google drive/uniekkas)


ASUS EeeBook E202 yang berukuran tidak lebih dari kertas A4 membuat kesan imut. Saat membawa kertas kerja atau tulisan, maka notebook tersebut sepertinya bisa ditaruh di antara kertas-kertas atau map lainnya. Jadi, tidak memerlukan tas khusus yang berukuran lebih besar. Untuk membawa semua dokumen kerja dan notebook ASUS EeeBook E202 semakin mudah karena ukurannya tidak jauh berbeda atau sangat compact.    


ASUS EeeBook E202 dengan ukuran tak lebih dari kertas A4 
(Sumber: google drive/uniekkas)


Tetapi, hal yang perlu diperhatikan adalah meski desain yang minimalis dan tipis tidak memberikan kesan sumpek saat mengoperasikannya. Apalagi, saya yang sering mengerjakan tulisan-tulisan yang diburu deadline dan perangkat siap dipakai di mana saja membutuhkan support dalam menulis cepat dan teliti. Nah, ASUS EeeBook E202 justru mempunyai touchpad yang besar demi kenyamanan bekerja. Bahkan, ukuran touchpad tersebut 36 persen lebih besar dengan notebook yang sejenis. Jadi, semakin mudah saat mengerjakan tulisan yang diburu deadline, bukan?


Touchpad dengan ukuran besar membuat lebih nyaman saat bekerja
(Sumber: google drive/uniekkas)


Bukan hanya touchpad yang berukuran besar, ASUS EeeBook E202 juga mempunyai papan ketik yang mungil dan dirancang dengan fitur chiclet. Apa kelebihannya? Dengan jarak antar tombolnya sebesar 18,4mm dan luas secara keseluruhan sebesar 268 mm akan membuat pengalaman mengetik menjadi lebih nyaman dan akurat. Oleh sebab itu, kesalahan ketik (typo) karena salah pencet tombol bisa diminimalisir.
Selanjutnya, kegiatan kerja atau menikmati fitur multimedia dengan ASUS EeeBook E202 akan semakin bergairah dengan suara yang menawan. Oleh sebab itu, dengan fasilitas dua buah speaker berteknologi SonicMaster yang menghasilkan suara jernih menjadikan mobilitas lebih mengasyikkan. 


 
Teknologi ASUS SonicMaster membuat suara jernih dan menawan 
(Sumber: google drive/uniekkas)


Seringkali saya alami saat kerja untuk menyelesaikan tulisan begitu terganggu dengan suara kipas yang berguna untuk meredam panas pada notebook. Selama ini saya mengunakan kipas ekternal untuk mencegah notebook menjadi panas. Namun, suara putaran kipas justru terdengar jelas sekali saat lingkungan sepi dan malam hari. Kehadiran ASUS EeeBook E202 seperti seri sebelumnya EeeBook X205TA dirancang dengan mengusung desain fanless atau tanpa kipas. Desain tersebut merupakan salah satu kelebihan yang membuat ASUS EeeBook E202 tetap senyap saat bekerja karena suara kipas.


Desain fanless pada ASUS EeeBook E202 (Sumber: google drive/uniekkas)


Sistem Operasi
Prosessor yang dibenamkan dalam ASUS EeeBook E202 menggunakan  Intel Celeron N3050 dual-core generasi Braswell. Prosessor tersebut mampu berlari dengan kecepatan 1,6GHz dan TurboBoost yang mencapai 2,16GHz. Lebih lanjut, perangkat tersebut juga didukung dengan memori RAM berkapasitas 2GB jenis DDR3L dengan kecepatan 1600MHz. Namun, memori RAM tersebut terpasang secara on board atau tertanam di motherboard. Oleh karena itu, anda tidak bisa melakukan upgrade.
Menarik, ASUS EeeBook E202 yang menggunakan sistem operasi Windows 10 diperkuat dengan grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Intel HD Graphics generasi baru. Perlu diketahui bahwa kinerja grafis perangkat tersebut meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan Celeron N2840. Selanjutnya, melihat dari segi penyimpanan data, ASUS EeeBook E202 telah dibekali dengan kapasitas penyimpanan berupa hard disk berkapasitas 500GB. Kapasitas besar tersebut  menjamin semua data pengguna bisa tersimpan dengan baik. Inilah kelebihannya dibandingkan seri  ASUS X205TA karena kapasitasnya jauh lebih besar.




Prosessor ASUS EeeBook E202, Dual Core Intel Celeron 
(Sumber: google drive/uniekkas)


ASUS EeeBook E202 semakin mengesankan dengan didukung berbagai fitur konektivitas yang lengkap. Dukungan WiFi, Bluetooth, 1 x Port USB 2.0, 1 x Port USB 3.0, 1x port USB Type-C, Port HDMI, dan Card Reader menjadikan mobilitas kerja menjadi lebih berwarna. Dan, ASUS EeeBook E202 termasuk notebook yang  cukup canggih dibandingkan kebanyakan notebook yang beredar. Hal ini dikarenakan ASUS EeeBook E202 menawarkan konektivitas USB Type-C 3.1 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 5Gbps. Fitur tersebut menjadikan ASUS EeeBook E202 menjadi notebook 11,6 inci pertama yang menawarkan USB Type-C 3.1. Selain itu, konektivitas lain seperti WiFi jenis 802.11 plus dan Bluetooth 4.0 juga mampu memindahkan data secara cepat.


Tahan Lama
Kondisi menyebalkan yang tidak diinginkan seorang blogger seperti saya ini adalah habisnya daya baterai pada notebook saat sedang dipakai. Apalagi, saat notebook dipakai di outdoor yang notabene tidak ada colokan listrik. Satu-satunya hal yang harus diantisipasi adalah kehabisan daya baterai secara mendadak. Namun, ketika saya enjoy melakukan pengetikan sebuah tulisan atau blog maka konsentrasi terhadap kapasitas baterai terabaikan. Akibatnya, notebook mati mendadak dan tulisan belum sempat tersimpan dalam file. Saya pernah mengalaminya di saat beberapa jam menjelang deadline. Saya lupa melakukan saving sementara. Namun, keadaan selanjutnya justru menjadi horor ketika lampu listrik mendadak mati. Akhirnya, tulisan yang hendak di-upload mengalami gagal total. Padahal, persiapan selama seminggu untuk membuat tulisan tersebut. Gigit jari!   
Salah satu keunikan lain dari ASUS EeeBook E202 adalah ukuran charger yang tidak lebih besar daripada kartu kredit dan panjang hanya sekitar 53 mm. Dimensi tersebut akan semakin mempermudah penggunanya untuk bepergian dengan notebook tersebut. Dan, tidak perlu khawatir jika notebook tersebut digunakan di luar ruangan. Hal ini dikarenakan ASUS EeeBook E202 yang berukuran kertas A4 dan mengunakan prosessor Intel Hemat Daya menawarkan masa akrtif baterai yang mampu bertahan hingga 8 jam pemakaian. Mantap, bukan?
      Bukan hanya itu Notebook ASUS EeeBook E202 yang menggunakan prosesor Intel Celeron generasi ke-5 (Braswell) memiliki port USB 3.1 type-C yang sangat menghemat waktu karena USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya. Tambah menarik lagi karena USB 3.1 tersebut mampu mentransfer data 11x lebih cepat dibandingkan dengan USB 2.0. Sebagai informasi, notebook ASUS EeeBook E202 merupakan notebook yang hemat daya dan hanya mengkonsumsi daya sebesar 6 watt. Jadi, daya baterai yang ada tidak cepat terkuras. Kondisi tersebut sangat cocok saat dipakai di outdoor. 






Daya baterai ASUS EeeBook E202 bertahan hingga 8 jam
(Sumber: google drive/uniekkas)


Baterai yang mampu bertahan hingga 8 jam membuat aktifitas kerja di luar ruangan menjadi lebih nyaman. Saya tidak perlu khawatir jika kehabisan daya baterai. Apalagi, saat notebook digunakan untuk melakukan flash blogging pada sebuah acara penting yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Tulisan selesai, senyuman pun semakin meriah seperti artis Bunga Citra Lestari saat mengoperasikan ASUS EeeBook E202 di luar ruangan. Oleh sebab itu, daya baterai notebook yang bandel mampu menaikan gairah dalam membuat tulisan. Serta tidak ada rasa was-was takut daya baterai habis seketika.


Daya baterai yang bertahanhingga 8 jam mampu membuat senyum 
bahagia layaknya artis (Sumber: google drive/uniekkas)


Kehadiran ASUS EeeBook E202 semakin menarik dengan banyaknya pilihan warna yang eye-catching. Notebook yang hadir dalam versi Windows 10 dan juga DOS tersebut tersedia dalam pilihan warna, yaitu: Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge. Jadi, pengguna bisa memilih varian warna EeeBook E202 sesuai selera. Adapun, tampilan warna casing bisa kita lihat berikut ini:

1.    Silk White



Warna Silk White tampak depan (Sumber: google drive/uniekkas)


2.    Dark Blue

Warna Dark Blue tampak depan (Sumber: google drive/uniekkas)





Warna Dark Blue tampak atas (Sumber: google drive/uniekkas)


3.    Lightning Blue


Warna Dark Blue tampak samping depan 
(Sumber: google drive/uniekkas)



Warna Dark Blue tampak atas (Sumber: google drive/uniekkas)






Warna Dark Blue tampak samping belakang 
(Sumber: google drive/uniekkas)


4.    Red Rouge



Warna Red Rouge tampak depan (Sumber: google drive/uniekkas)



  

Warna Red Rouge tampak samping belakang 
(Sumber: google drive/uniekkas)


Harga dan Spesifikasi
Lantas, berpa kisaran harga ASUS EeeBook E202? Notebook ASUS EeeBook E202 di Indonesia dibanderol dengan harga jual Rp 3.349.000,- atau sekitar Rp 3,3 juta-an. Dengan berbagai fitur yang telah dibahas di atas maka notebook tersebut menjadikan harga yang bersahabat. Itulah sebabnya, ASUS EeeBook E202 bisa dijadikan alternatif dari seri ASUS EeeBook E205TA yang dijual dengan harga yang lebih mahal. Untuk lebih jelas tentang ASUS EeeBook E202, anda bisa memahami spesifikasi ASUS EeeBook E202 berikut ini:

Layar                         11.6 inci WXGA (1366 x 768 px)
Sistem Operasi         Windows 10 / DOS
Prosesor                   Intel Celeron Dual-Core N3050 Braswell 64-bit, 2MB cache, 1.6GHz       burst up to 2.16GHz
Grafis                         Intel HD Graphics
RAM                           2GB DDR3L
Dimensi                     29.7 (W) x 19.4 (D) x 2.14 (H) cm
Bobot                        1.02 KG (tanpa baterai)
  1.25 KG (dengan 3 cell batterai)
Penyimpanan            500GB 5400rpm HDD 1600MHz
Kamera                      VGA Web Camera
Drive Optik                –
Input/Output             1 x Headphone-out jack (Audio-in Combo)
  1 x USB 3.0 port(s)
  1 x USB 2.0 port(s)
  1 x USB 3.1 Type–C Gen 1 (up to 5 Gbps)
  1 x micro HDMI
Audio                        Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant   audio chip, SonicMaster Audio
Baterai                       3Cells 48 Whrs Polymer Battery up to 8 hours
Warna                        Silk White, Dark Blue, Thunder Blue, Red Rouge.
Harga                         (DOS)             Rp. 3.099.000,-
                                   (Windows 10) Rp 3.499.000,-


Nah, setelah anda membaca tulisan ini tentunya mempunyai keinginan untuk memilikinya, bukan? Apalagi, jika anda adalah sosok yang mempunyai mobilitas tinggi di luar ruangan seperti saya maka pilihan pada ASUS EeeBook E202 adalah pilihan yang menarik. Desain yang ramping, tipis dan fitur lain yang terbilang canggih bisa dibawa kemana pun sehingga anda lebih nyaman saat bekerja. Karena, praktis adalah pilihan!



Referensi:
Yudha Pratomo, Gito.  2016. 2 Pebruari. ASUS EeeBook E202, Laptop Harga 3 Juta dengan Rasa 5 Jutaan. Diambil dari https://jalantikus.com/news/9145/asus-laptop-mini-kemampuan-maxi/
Fernando, Rifan. 2016. 4 Pebruari. Ini dia Spesifikasi dan Harga ASUS EeeBook E202 – Laptop Compact Terbaru Asus dengan Intel Braswell. Diambil dari http://www.pemmzchannel.com/2016/02/04/spesifikasi-dan-harga-asus-eeebook-e202/
Rasyad, Fauzi. 2016. 9 November. ASUS EeeBook E202 – Laptop 11,6 inci Pertama dengan USB Type-C 3.1 di Dunia. Diambil dari https://gadgetren.com/2016/11/09/harga-asus-eeebook-e202/





Tulisan ini diikutsertakan dalam “Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com




1 comment: