Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HONDA CB150R STREETFIRE, MOTOR SPORT YANG MENJAMIN KENYAMANAN DAN KEAMANAN BERKENDARA



           

Honda CB150R StreetFire, motor sport yang
menjamin kenyamanan dan
keamanan berkendara

Oleh Casmudi, S.AP





       Hadirnya sang juara MotoGP 2013, Mark Marques dari Repsol Honda telah membuktikan ketangguhan pabrikan Honda. Bukan hanya kelihaian sang “rider”, tapi performa dan kecanggihan mesin pun turut mendukung kemenangan tersebut. Muncullah slogan “Satu Hati (One Heart), terbukti … urusan mesin injeksi Honda juaranya”. Apalagi berbagai event atau pameran dan pajangan motor Honda yang ada di berbagai dealer membuat saya terpesona dan percaya diri memiliki Honda. Yang menarik adalah, hadirnya  motor sport Honda CB150R Streetfire membuat saya ingin memilikinya, meskipun saya telah memiliki Honda Supra X 125 PGM-FI.

 Bukti kecintaan terhadap pabrikan Honda
        Sebagai blogger, akhirnya saya ingin membeberkannya dalam www.blogdetik.com yang membawa tema Motor canggih, irit, advance, CB150R Streetfire lihat www.welovehonda.com. Awalnya, Honda CB150R Streetfire ditunjukkan pertama kali pada ajang Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 tanggal 31 Oktober 2012. Honda CB150R Streetfire merupakan bintang baru motor sport yang memadukan desain gaya terbaru, performa tertinggi di kelasnya serta memiliki berbagai fitur canggih hasil inovasi teknologi terkini. Sepeda motor ini diklaim merupakan tunggangan favorit bagi yang merasa tertantang nyalinya untuk membangkitkan adrenalin petualang dalam jiwanya. Mencoba performa mesin Honda CB150R Streetfire merupakan tantangan sendiri untuk menguji nyali dalam berkendara.


Fitur-fitur Honda CB150R Streetfire
       Fitur-fitur yang dibenamkan dalam Honda CB150R Streetfire menunjukan tertinggi di kelasnya. Fitur-fitur yang terkesan sporty membuat decak kagum para rider untuk menungganginya


 Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari Honda CB150R StreetFire:
1.      Pro-Link rear monoshock (fitur ini digunakan juga oleh motor Honda CBR 250R dimana dengan fitur ini tempat duduk terasa lebih lembut, stabil dan nyaman karena suspensi mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan).


2.      Rem cakram depan dan belakang.
3.      Analog-digital speedometer (panel meter dengan latar belakang grafik berwarna putih yang sporty serta didukung panel digital yang futuristik dan menampilkan informasi yang lengkap seperti speedometer, odometer, trip meter, clock, dan fuel meter dalam satu tampilan layar).
4.      Velg racing palang 6 berpola bintang dibalut dengan ban tipe tubeless.
5.      Secure key shutter.
           Desain, fitur dan teknologi Honda CB150R Streetfire menjadikannya sebagai motor sport dengan value dan fitur paling valuable di Indonesia. Tambahan fitur-fitur yang ada di Honda CB150R Streetfire, dapat digambarkan sebgai berikut: 
                  1.



                  2.



                  3.


 Varian (Pilihan Warna) dan Harga Honda CB150R Streetfire yang Terjangkau
        Untuk memiliki Honda CB150R Streetfire, banyak varian (pilihan warna) yang bisa kita pilih sesuai dengan selera kita. Ada 4 pilihan warna yang menjadi rujukan kita dalam memilih Honda CB150R Streetfire, yaitu: 
                 1.

              Honda CB150R StreetFire White Blue    
              Harga OTR Honda CB 150R StreetFire: Rp. 22,750,000,-
                 2.
               Honda CB150R StreetFire Red
               Harga OTR Honda CB 150R StreetFire: Rp. 22,750,000,- 
3.
                Honda CB150R StreetFire White Red
                Harga OTR Honda CB 150R StreetFire: Rp. 22,750,000,- 
 4.

                Honda CB150R StreetFire Black
                Harga OTR Honda CB 150R StreetFire: Rp. 22,750,000,-

Teknologi dan DesainHonda CB 150R StreetFire yang Menawan
         Honda CB150R Streetfire  menggunakan mesin berbasis CBR150 dengan 150CC, 6 speed, 4 stroke, DOHC, liquid cooled dan dilengkapi dengan teknologi PGM-FI. Berbagai teknologi ini membuat Honda CB150R menjadi mesin paling superior di kelasnya. Dengan teknologi yang amat superior ini, Honda CB150R Streetfire dapat mencapai kecepatan maksimum 122 km/jam serta akselerasi 10,6 detik untuk menempuh jarak 0-200 meter. Bukan hanya itu, Honda CB150R Streetfire  mempunyai karakter sporty yang paling menonjol dan membedakan dengan model sport lainnya adalah rangka Truss Frame atau yang dikenal dengan rangka teralis. Layaknya sebuah naked bike, otot-otot CB150R tampak kokoh menyangga mesin dan memaksimalkan kinerja suspensi Pro-Link. Rangka teralis ini sukses menarik perhatian, karena mirip dengan motor-motor premium. Juga dimaksudkan untuk memenuhi keinginan pengguna motor sport yang senang memodifikasi kendaraannya.
        Honda CB150R Streetfire  menggunakan kunci kontak bermagnet, jika dihidupkan akan terdengar raungan khas mesin CBR150R di pipa knalpot, namun dengan karakter yang lebih halus. Sistem penguncian bercover magnet dengan tuas penutup yang kuat dan praktis membantu mengurangi risiko pencurian. Semakin praktis, begitu mesin dihidupkan lampu depan akan menyala secara otomatis. Honda CB150R Streetfire juga dilengkapi dengan sistem pengaman rantai untuk mencegah roda terkunci jika rantai terlepas dari gear.Honda CB150R Streetfire  menggunakan mesin dengan sistem injeksi, berkapasitas 150 cc, mesin ini berkonfigurasi DOHC, 4-katup. Perpindahan transmisi berlangsung halus dan presisi dalam menyalurkan tenaganya yang sebesar 17 PS pada 10.000 rpm dan torsi 13,1 Nm pada 8.000 rpm, sehingga terasa sangat bertenaga. Honda CB150R Streetfire juga sudah dilengkapi velg racing palang 6 berpola bintang serta memiliki penampang palang berbentuk U tebal yang sporti. Velg racing ini dibalut dengan ban tipe tubeless sehingga menjadikannya lebih aman dan praktis.
          Bukan hanya teknologi yang menjadi andalan Honda CB150R Streetfire, tapi desain yang melekat pada Honda CB150R Streetfire merupakan  desain yang tampak modern, dengan garis-garis tajam yang memberikan kesan ramping dan sporty.  Motor ini juga tampak muda dibanding Mega Pro dan tidak terlalu besar dimensinya, jika dibanding dengan Honda Tiger.
Ketangguhan Honda CB150R Streetfire di Semua Lintasan
       Perlu diketahui, Honda CB150R Streetfire  mempunyai bobot kosong sebesar 129 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 12 liter. Honda CB150R Streetfire disebutkan untuk merebut makhota raja motor sport 150 cc yang saat ini dikuasai Yamaha X-Ixion Lightning (maaf … harus menyebutkan dengan maksud sebagai perbandingan). Lagian, Honda CB150R Streetfire ingin menjadi yang terbaik kan?  Melihat desain yang menarik, mesin hebat milik CBR150R dan transmisi 6-speed, motor ini sepertinya akan banyak dilirik kaum muda yang ingin naik kelas dan para pecinta kecepatan, termasuk saya. Honda CB150R Streetfire telah diuji di berbagai lintasan atau track. Di kondisi lintasan yang basah, untuk memaksimalkan manuver saat ditikunganHonda CB150R Streetfire didukung dengan penggunaan ban yang lebih kecil dibanding kompetitornya, yaitu berukuran 80/90-17 di depan dan 100/80-17 di belakang.  Melakukan manuver tersebut terasa mudah dengan  sedikit merebah saat di tikungan. Apalagi, suspensi dan rangka teralis CB150R juga turut membantu kestabilan dan kelincahan saat berkendara.

 Aksi freestyler dalam menggoyang Honda CB150R Streetfire  

          Pada saat kita menggeber di lintasan  dan kita ingin menghentikan lajunya, Honda CB150R Streetfire  yang dirakit di tanah air ini telah dilengkapi rem cakram di kedua rodanya. Sedangkan untuk mencegah mesin kepasanan atau overheat, Honda menyematkan Honda CB150R Streetfire denganradiator canggih dan kipas elektrik otomatis yang akan menjaga temperatur tetap konsisten. Piranti ini juga akan membuat mesin tetap awet dan performa mesin tetap terjaga.  Ketangguhan Honda CB150R Streetfire juga lihai menari-nari di aspal, yang dibuktikan dengan diselenggarakannya kompetisi freestyle untuk para freestyler profesional.  Dimana, kegiatan  ini dibarengin dengan kegiatan roadshow bertajuk “Honda CB150R Streetfire Tantang Nyalimu!”. Kegiatan ini sebagai pembuktian ketangguhan dan kelincahan sepeda motor jenis sport itu yang digelar oleh  PT. Astra Honda Motor (AHM)  di lima kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya.
         Honda CB150R Streetfire   juga merupakan motor sport yang irit bahan bakar.  Hal ini, dikarenakan Honda CB150R Streetfire  menggunakan sistem injeksi PGM-FI dengan kualitas injektor kelas dunia yang mampu menghasilkan semburan tenaga yang berlimpah. Serta  mampu mencapai kecepatan yang menantang keberanian Anda, dengan tingkat emisi yang ramah lingkungan (green environment) yang memenuhi standar emisi gas buang Euro-2 dan hemat bahan bakar. Jadi, tidak memberikan efek polusi bagi udara.Honda CB150R Streetfire  merupakan motor sport yang terispirasi dari Honda CB1000R memiliki desain terkini yang agresif, berkarakter tajam, berkesan ramping, dan ringan. Ini merupakan cerminan motor sport berperforma tinggi, yang membangkitkan aura kecepatan. Saat Honda CB150R Streetfire berada dalam genggaman Anda, semua rintangan di jalanan akan mudah ditaklukan. Mantap bangetmas bro!
           Honda CB150R Streetfire  juga dilengkapi dengan lampu multirefelctor, menjamin pencahayaan yang terang di setiap kondisi berkendara. Pegangan belakang yang sporty dan fungsional, serta pijakan kaki belakang dengan model gantung menambah kesan sporty dan kenyamanan pembonceng. Spirit sport naked bike StreetFire juga dapat dirasakan dari kegagahan raungan knalpot sporty-nya. Ditambah, demi keselamatan dilengkapi dengan sistem sensor rebah akan secara otomatis mematikan mesin saat motor berada pada sudut kemiringan 60 derajat.  Rem cakram depan dan belakang menghasilkan tenaga pengereman yang sangat memadai untuk segala kondisi perjalanan. Hentakan jarum dalam tampilan tacometer analog dan tampilan digital speedometer yang futuristik serta mudah dipantau, dengan informasi yang lengkap membuat tampilan Honda CB150R Streetfire semakin menawan. Maknyus ….
Spesifikasi  Honda CB150R Streetfire
         Model motor sport Honda CB150R Streetfire  memiliki daya maksimum 12,5 kW (17,00 PS)/10.000 rpm dan torsi maksimum 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/8.000 rpm membuat mesin Honda CB150R Streetfire  menghasilkan performa yang luar biasa, karena dapat mencapai kecepatan maksimum 122 km/jam serta akselerasi 10,6 detik untuk menempuh jarak 0-200 meter.Honda CB150R Streetfire  memiliki panel meter dengan latar belakang grafik berwarna putih yang sporty serta didukung panel digital yang futuristik.  Panel digital ini menampilkan informasi yang lengkap, seperti speedometer, odometer, trip meter, clock, dan fuel meter dalam satu tampilan layar.  Mesin Honda CB150R Streefire menggunakan sistem pendingin cairan (Liquid-Cooled) dengan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi khas Honda PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Perpaduan ini menghasilkan mesin dengan akselerasi terbaik di kelasnya.
           Untuk lebih jelas mengetahui spesifikasi Honda CB150R Streetfire, bisa lihat tabel berikut:

Spesifikasi Lengkap Honda CB150R Streetfire

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi
:    2.008 x 719 x 1.061 mm
Jarak Sumbu Roda
:    1.288 mm
Jarak Terendah ke Tanah
:    148 mm
Ketinggian Tempat Duduk
:    790 mm
Berat Kosong
:    129 Kg
Radius Putar Minimum
:    1.980 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
:    12 Liter


MESIN

Tipe Mesin
:    4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
Volume Langkah
:    149,48 cm3
Sistem Pendingin
:    Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas 
     Elektris Otomatis
Sistem Suplai Bahan Bakar
:    Injeksi (PGM-FI / Programmed Fuel Injection)
Diameter x Langkah
:    63,5 x 47,2 mm
Tipe Transmisi
:    6 Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi
:    1-N-2-3-4-5-6
     Gigi 1: 3,083
     Gigi 2: 1,941
     Gigi 3: 1,500
     Gigi 4: 1,227
     Gigi 5: 1,041
     Gigi 6: 0,923
Perbandingan Kompresi
:    11 : 1
Daya Maksimum
:    12,5 kW (17,0 PS) / 10.000 rpm
Torsi Maksimum
:    13,1 Nm (1,34 kgf.m) / 8.000 rpm
Tipe Starter
:    Pedal & Elektrik
Tipe Kopling
:    Manual, Wet Multiplate with Coil Springs
Kapasitas Minyak Pelumas
:    1 Liter pada Penggantian Periodik


RANGKA

Tipe Rangka
:    Diamond Steel (Truss Frame / Trellis Type)
Ukuran Ban Depan
:    80/90 – 17 M/C 44P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang
:    100/80 – 17 M/C 52P (Tubeless)
Tipe Rem Depan
:    Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Tipe Rem Belakang
:    Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Tipe Suspensi Depan
:    Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang
:    Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem
     Suspensi Prol-Link)


KELISTRIKAN

Tipe Baterai
:    MF 12 V –  5,0 Ah
Tipe Pengapian
:    Full Transistorized
Tipe Busi
:    NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9
  
Penambahan AksesoriesHonda CB150R StreetFire

 Aksesories tank pad dan under cowl pada Honda CB150R Streetfire

         Agar lebih mantap penampilannya, maka perlu penambahan aksesoris Honda CB150R Streetfire   yang berupa tank pad dan under cowl. Aksesoris Honda CB150R StreetFire tersebut pasti tidak asing lagi karena aksesoris ini dipasang pada gambar promosi Honda CB150R StreetFire.  TV Commercial Honda CB150R Streetfire juga menggunakan motor CB150R Streetfire yang sudah dipasangkan aksesoris ini. Sayangnya aksesories tersebut dijual secara terpisah dan bisa diperoleh di dealer-dealer resmi Honda seluruh Indonesia. Sedangkan aksesoris tank pad dan under cowl hadir dalam 3 pilihan warna dan terdiri dari 2 barang yang dibeli secara terpisah.
1. Under Cowl,   harga : Rp. 280,000,-
2. Tank Pad,       harga : Rp. 50,000,-

Referensi:
Pengamatan pribadi
 


 

 

 

7 comments for "HONDA CB150R STREETFIRE, MOTOR SPORT YANG MENJAMIN KENYAMANAN DAN KEAMANAN BERKENDARA "

Anonymous December 16, 2013 at 7:26 PM Delete Comment
mantap mas artikelnya :D
mampir balik ya http://mhdharis.wordpress.com/2013/12/15/honda-cb150r-streetfire-berawal-dari-mimpi-hingga-berhasil-dimiliki/
salam kenal
CASMUDI December 17, 2013 at 9:46 AM Delete Comment
Terima kasih mas mhdharis. Siap mampir dan meluncur ....
CASMUDI December 17, 2013 at 9:54 AM Delete Comment
This comment has been removed by the author.
CASMUDI December 17, 2013 at 9:55 AM Delete Comment
This comment has been removed by the author.
CASMUDI December 17, 2013 at 9:55 AM Delete Comment
This comment has been removed by the author.
IBU RISKA December 22, 2014 at 8:05 PM Delete Comment
This comment has been removed by a blog administrator.
IBU RISKA March 8, 2015 at 6:26 PM Delete Comment
This comment has been removed by a blog administrator.