Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[7 WONDERS] KOLAM RENANG SURANADI, NARMADA, LOMBOK


             KOLAM RENANG NARMADA, LOMBOK YANG BIKIN KANGEN?



            Siapa yang tidak kenal pulau Lombok. Pulau yang dikenal sebagai “Pulau seribu masjid” merupakan pulau yang menarik untuk dikunjungi para traveller. Pulau Lombok mempunyai banyak kawasan wisata yang sangat menarik. Kawasan wisata pulau Lombok memang hampir menyamai kawasan wisata yang ada di Pulau Bali. Banyak kawasan wisata yang ditawarkan/dipromosikan untuk menaikan sumber pendapatan daerah, dari yang alami sampai yang buatan. Kalau kita berpikir tentang kawasan wisata Pulau Lombok, yang terbayang di benak kita adalah Pantai Senggigi, Gili Meno, Gili air, Gili Trawangan dan lain-lain yang sudah dikenal banyak orang. Di luar kawasan wisata tersebut, ada kawasan wisata alami yang bisa menjadi alternatif dan tidak menguras biaya yaitu: Kolam Pemandian Suranadi yang terletak di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Kawasan tersebut memang agak tersembunyi. Dari pusat kota Mataram, bisa ditempuh dengan kendaraan kurang lebih setengah jam ke arah timur.
            Memang untuk menempuh ke lokasi kawasan wisata Kolam Pemandian Suranadi paling mudah dengan kendaraan pribadi (mobil atau motor). Memang sih ada kendaraan umum, tapi jarang. Pilihan kita adalah naik ojek, tapi kita harus pintar-pintar menawar agar harganya cocok dengan keinginan kita.  Jika kita sampai di pusat kota kecamatan Narmada, nanti ada petunjuk  jalan ke arah utara.  Jalan tersebut semakin naik dan berliku, tapi di kanan kiri kita akan disuguhi pemandangan yang indah. Kawasan Kolam Pemandian Suranadi terletak di kawasan Wisata Narmada yangmerupakan cagar alam. Lokasi kawasan wisata ini terletak di sebelah kiri Pura Suranadi yang sangat dikeramatkan masyarakat Hindu Lombok. Di sekitar kawasan kolam pemandian tersebut banyak pepohonan tinggi yang dihuni monyet-monyet. Betul-betul masih alami. 

                              Sumber: www.liocooper.com

            Untuk masuk kawasan wisata kolam pemandian Suranadi, kita cukup merogoh kocek untuk membayar karcis sebesar 10 ribu rupiah.  Selanjutnya, kita akan disuguhi  kolam pemandian yang alami banget. Airnya bening, dan terasa makkknyesss ... Karena memang alami dari alam alias tanpa kaporit. Dasar kolam pemandian tersebut bukan terbuat dari tegel/keramik seperti kolam renang biasanya, tapi dari batu-batu kecil. Kalau kita menginjak batu yang seperti kerikil, kita akan merasa seperti sedang pijat refleksi. Di samping kolam terdapat rumah makan/kantin, jadi kalau kita lapar kita bisa pesan sesuai selera kita. Harganya pun terjangkau untuk ukuran isi kantong kita. Tidak akan takut kelaparan deh?  Di samping kolam ada kincir air yang sering kupandangi dan kumainkan kalau sedang menunggu renang. Di samping kolam juga berderet tempat bersantai yang beratapkan daun rumbia/alang-alang yang memberikan kesan serba alami. Entah mengapa aku selalu ingin mengunjungi kawasan wisata ini meskipun saya sudah mengunjunginya 3 kali. Sedangkan aku tinggal di Bali sekarang ini yang hampir semua kawasan wisata menarik untuk dikunjungi.
            Dibandingkan kawasan wisata yang lainnya di pulau Lombok, kawasan wisata Kolam Pemandian Suranadi, Narmada, Lombok Barat menjadi alternatif. Sepertinya kawasan wisata ini membuat magnet untuk dikunjungi kembali buat siapa yang pernah mengunjunginya. Mungkin alasan karena air yang jernih, dingin, tidak bikin sakit mata, terletak di kawasan wisata/daerah bersih udara menjadi alasan yang masuk akal. Di bagian atas kolam pemandian, teradapat bangunan peninggalan jaman Belanda. Saya berpikir, berarti kolam tersebut sejak jaman dulu sudah terjaga keasliannya. Di sekitarnya banyak terdapat pohoh, seperti pohon mangga.   Kalau lagi berbuah dan matang kita bisa memandanginya. Kolam pemandian tersebut tersebut juga ada yang khusus anak-anak, dan tempatnya terpisah sendiri.  Jadi seluruh anggota sendiri bisa larut menikmatinya. Tak menyesal deh kalau kita sudah mengunjunginya. Saya juga ingin datang lagi.
Selamat berkunjung ...


                                          Sumber: http://berbagifun.blogspot.com/2011/05/
                                                          dinginnya-kolam- pemandian-suranadi.html

1 comment for "[7 WONDERS] KOLAM RENANG SURANADI, NARMADA, LOMBOK"

Unknown June 24, 2015 at 4:04 PM Delete Comment
This comment has been removed by a blog administrator.